bahan deui
Patologi Anatomi ialah spesialisasi medis yang berurusan dengan diagnosis penyakit berdasarkan pada pemeriksaan kasar, mikroskopik, dan molekuler atas organ, jaringan, dan sel. Dari segi bahasa, kata Patologi tersusun dari dua kata; Pathos yang berarti penyakit, dan Logos yang berarti ilmu. Sementara Anatomi sering didefinisikan sebagai struktur tubuh.





Patologi Anatomi mendiagnosis penyakit dan menggali informasi yang berguna secara klinis melalui pemeriksaan jaringan dan sel, yang umumnya melibatkan pemeriksaan visual kasar dan mikroskopik pada jaringan, dengan pengecatan khusus dan imunohistokimia yang dimanfaatkan untuk memvisualisasikan protein khusus dan zat lain pada dan di sekeliling sel. Dibanding dokter spesialis lainnya, populasi Dokter Patologi Anatomi di Indonesia masih sangatlah sedikit, kurang dari 300 orang. Setali tiga uang, jumlah Laboratorium Patologi Anatomi tak jauh berbeda. Padahal kebutuhan untuk diagnosis penyakit semakin meningkat seiring bertambahnya varian-varian dari penyakit itu sendiri.


Dari kesadaran akan kebutuhan inilah Laboratorium CITO Grup mendirikan CITO Laboratorium Patologi Anatomi. Laboratorium yang berdiri sejak 18 Oktober 2008 dengan izin Departemen Kesehatan No. 503 / 4590 dan berlokasi di Jl.Atmosukarto No.4 Kota Baru-Yogyakarta ini menerima spesimen dari Bahan Apusan PapSmear, Spesimen Cairan (seperti Cairan Pleura, Urine, Cairan Ascites, Cairan Serebrospinal, dan Cairan Kista), Bahan Apusan Sitologi Aspirasi atau sering juga disebut Aspirasi Jarum Halus / AJH, Bahan Sputum, dan Jaringan Tubuh. Sedangkan Klasifikasi Jenis Pemeriksaan di CITO Laboratorium Patologi Anatomi adalah sebagai berikut:

0 komentar:

Posting Komentar